free translation

Jumat, Mei 01, 2009

Tip dan Trik Printer Biar Awet


Printer adalah salah satu alat untuk melihat hasil akhir dari apa yang telah sobat kerjakan di Komputer. Dengan PC sobat tidak puas kalau tidak di print.

Jika sobat belum punya printer lihat postingan terdahulu tentang Tip dan Trik memilih printer, dan bagi sobat yang sudah mempunyai printer sebaiknya sobat mengetahui cara perawatannya.

Untuk jenis printer warna yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Kalau memprint jangan lebih dari satu jam secara terus menerus, seandainya banyak saat sudah satu jam istrirahatkan dulu sekitar 15 menit, pada saat proses mencetak Motor pada printer semakin lama semakin panas, panas ini mengalir ke depan menyentuh Rol penarik Head yang berupa karet, lama-kelamaan karet menjadi lemah (kendor) sehingga bisa menimbulkan eror (printer macet) ataupun ada pesan eror 5100, atau bisa juga paper jam
  2. Lakukan pembersihan berkala dalam printer dengan kertas tissu (bisa menyerap bekas tinta), jangan menggunakan kapas, malah bisa mengotori printer
  3. Gunakan tinta printer yang bagus, tidak terlalu kental atau terlalu encer (misal MIPO) dan jangan coba-coba mengganti-ganti jenis tinta karena akan mempengaruhi umur catritge sobat.
Untuk jenis printer Laser :
  1. Jangan mencetak terlalu banyak sekaligus, karena pelindung laser bisa panas dan lama kelamaan akan terkoyak. Bisa diperbaikai dengan biaya sekitar 150 ribu tapi tidak sekuat yang original dan cepat rusak.
  2. Jangan dipakai cetak untuk kertas tebal, akan merusak Toner menjadi luka dan tergores.
  3. Usahakan Melepas Toner jika tidak terpakai, karena semut suka sekali bersarang di Toner (Tinta toner disukai oleh semut). Kalau sudah kemasukkan semut maka Toner akan membekas hitam-hitam dan hasil cetakan bisa putus-putus. Cara mengatasinya lepaskan toner dari printer, ambil tabung roll yang berwarna biru kehijauan bersihkan pelan-pelan dengan kapas (jangan yang lain), usahakan membersihkan toner pada tempat yang tidak terkena matahari, jika terkena banyak cahaya toner akan berubah warna keputihan dan hasil cetakan menjadi kabur.
  4. Gunakan Kertas yang kering, jangan lembab bisa mengakibatkan paper jam.
Selamat merawat printer sobat... semoga awet. Jika sobat punya keluhan ataupun masalah printer sobat bisa komentar disini, dan akan sesegera mungkin saya jawab.

2 komentar:

  1. kalo printer laser printer satu kertas full hitam semua knapa yah?

    BalasHapus
  2. Saat mencetak pakai laser bisa keluar hitam, karena banyak hal, Pertama memori komputer terlalu kecil, kedua memori printer kecil (kadang2 spooling), ketiga printernya sendiri ada error

    BalasHapus

 
JANGAN ULANG KEGAGALAN DI MASA LALU

Copyright 2008 BloGentong Cak Sulis Punya dari Pedalaman Kalimantan - Contact 0511 7240926